Loading...
Artikel

Cara Flushing Oli Matic Mobil yang tepat

Banyak sahabat SEJATI Bengkel yang terkadang membeli mobil bahkan yang sudah memiliki mobil masing binggung dalam hal perawatan mobil maticnya. Perlu digaris bawahi bahwa mobil matic dan manual adalah jenis transmisinya sehingga tidak ada perbedaan dalam perawatan mobil manual dan matic pada mesinnya, yang membedakan adalah cara perawatan pengantian oli pada transmisi matic dan manual.

Sebelum kita membahas tentang cara flushing oli matic, perlu diketahui bahwa perbedaan dasar pada mobil bertransmisi manual memiliki pengantian oli transmisi yang memiliki sifat dan karakteristik pada mobil mobil pada umumnya, berbeda untuk mobil bertransmisi automatis atau matic yang memiliki perbedaan karakter dan jenis yang berbeda sesuai dengan system transmisi itu sendiri apakah mengunakan oli jenis ATF atau CVT.

Penjelasan detail mengenai transmisi matic akan kita bahas pada konten yang berbeda karena hari ini SEJATI Bengkel akan memberikan tutorial beserta bukti yang nyata yang terjadi akibat efek ketidakpahaman tentang perawatan oli mobil matic.

Seperti kita ketahui banyak yang beranggapan bahwa pengantian oli mobil matic masih terjadi simpang siur baik informasi yang didapat maupun yang didengar katanya maupun informasi yang beredar dikalangan pecinta otomotif. Mari kita bahas detail mengenai flushing oli matic.

Gambar diatas adalah skema atau bagan dari transmisi matic.

 

BAGAIMANA CARA YANG TEPAT MELAKUKAN FLUSHING OLI MATIC

Pada umumnya banyak yang binggung dalam memilih bengkel yang dapat dipercaya untuk menganti oli matic baik secara konvensional maupun mengunakan alat modern, namun SEJATI Bengkel akan mengajak dan memberikan informasi secara konvensional sehingga dapat dimengerti dan dipahami hasil dari flushing oli matic itu sendiri. Mari kita perhatikan video dibawah ini.

Dari video diatas adalah hasil yang dilakukan dengan flushing baik secara alat atau konvensional pada umumnya, namun di SEJATI Bengkel Purwokerto memiliki Standart Operasional Prosedur yang mengacu pada standarisasi system mekanisme transmisi yang terinstall pada mobil tersebut.

Flushing oli mobil matic dengan menganti oli matic adalah hal yang berbeda, jika menganti maka hanya dikeluarkan melalui lubang baut pembuangan atau melalui slang pengembalian yang berada pada system mobil transmisi matic tersebut, biasanya untuk pengantian hanyalah 3-4 liter. Berbeda dengan flushing oli matic dapat menghabiskan 6 – 10 liter oli untuk sekali melakukan flushing oli matic secara keseluruhan. Pembahasan secara teknical akan kita bahas pada konten berikutnya atau melalui channel youtube solution tv official.

Berikut ini adalah gambar hasil dari setelah dilakukan pembersihan pada carter atau bak penampung oli transmisi, nampak sekali berbeda dengan video diatas dimana oli sudah diflushing dengan cara mengunakan alat atau pun konvensional tetap nampak kotorannya karena flushing yang tepat menurut SEJATI Bengkel adalah membuka tutup carter atau bak penampung oli transmisi matic tersebut.

Pada Gambar dibawah ini adalah bagian dari filter oli matic yang kita turunkan dari transmisi sebelum dibersihkan.

terlihat masih nampak berkilau efek oli dan sludge/lumpur oli yang menempel pada filter oli tersebut. Berikut ini adalah hasil setelah kita lakukan pembersihan pada filter oli.

Dari gambar diatas sangat jelas perbedaannya setelah dilakukan pembersihan secara konvensional dibandingkan dengan sebelumnya saat baru diturunkan pada transmisi.

Kiranya pengetahuan tentang perbedaan dan kebinggungan tentang teori teori flushing oli mobil matic terjawab sudah dan keputusan mengenai pengantian atau flushing oli matic baik secara konvensional maupun secara alat modern ada pada Sahabat SEJATI Bengkel, karena hasil apapun yang dilakukan dalam penanganan flushing oli matic baik mengunakan konsep dari SEJATI Bengkel maupun secara pada umumnya akan membawa hasil yang berbeda pula pada gerak mekanical transmisi matic tersebut.

Pembelajaran mengenai detail diagram dan penjelasan mobil matic akan kita kupas tuntas pada konten berikutnya dan juga jangan lupa untuk saksikan video video edukasi kita pada playlist youtube https://www.youtube.com/user/apboys2987

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?