Loading...
ArtikelSystem Pendingin

Menguras Radiator

Hal hal sederhana yang jarang kita perhatikan pada system pendingin baik oleh pelaku jasa perbengkelan atau oleh pemilik mobil itu sendiri. Seperti yang telah kita jelaskan pada judul judul artikel sebelumnya tentang system pendingin pada kendaraan Sahabat Sejati Bengkel sebelumnya, air radiator atau coolent pada radiator juga memerlukan pengantian bahakn juga flushing atau pembersihan system itu sendiri pada Radiator.

Tujuan dari flushing atau Menguras air/coolent radiator adalah membersihkan kerak atau korosi akibat dari  oksidasi pada system pendingin. Menjadi sebuah pertanyaan mengapa terjadi kerak atau korosi pada system pendingin bahkan pada radiator? Pada sytem pendingin gerak mekanik yang mengunakan unsur air (H2O) akan selalu menghasilkan kerak dan korosi serta endapan lumpur pada system pendingin.

Mengapa terjadi Endapan/butiran lumpur pada radiator?

Endapan lumpur akan terjadi pada system pendingin kendaraan sahabat Sejati Bengkel yang disebabkan oleh penurunan PH air/kandungan coolent pada system pendingin itu sendiri atau yang biasa disebut SCALING. SCALING adalah penumpukan mineral akibat proses kristalisasi yang melewati ambang kejenuhan terlarut mineral – mineral dalam air akibat dari evaporasi dan oksidasi.

Berikut ini kami berikan rumus dari bahan water coolent yang berada dipasaran pada umumnya. Bahan dasar Coolent pada umumnya ethilene glycol non-silicate, non amine, non nitrite, non borate dengan long-life hybrid organic acid technologi.

Dari penjelasan detail diatas maka kita akan mengerti perlunya flushing atau pengurasan radiator secara berkala baik untuk yang mengunakan water coolent dimana sudah terdapat beberapa senyawa kimia pada kandungan water coolent yang dijual pada aftermarket.

https://youtu.be/0W3PHnfK7EU

dari video diatas adalah tips atau tutorial bagaimana menguras/memflushing radiator, dan bahan yang dibutuhakn adalah SODA ASH. Soda Ash biasa dibeli di toko kimia per kilo dan ini dicampur air dengan komposisi sampai dengan 10 ember air.

Demikian penjelasan dan tips beserta penjelasan video tentang Flushing/Kuras Radiator secara tepat, semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?