Loading...
ArtikelSystem Pendingin

Pergantian OLI KOMPRESSOR AC Mobil adalah Bisnis

Sahabat SEJATI Bengkel tentu sering mendengar dan dengan bahasa upselling saat melakukan perawatan AC mobil yaitu MENGANTI OLI KOMPRESSOR secara berkala. Secara teknikal sejati bengkel akan emberikan informasi secara tepat kepada Sahabat SEJATI Bengkel bahwa hal tersebut adalah Upselling serta tidak tepat guna. Mengapa hal ini terjadi ? Upseling pengantian oli kompressor menjadi trend saat ini, sejarah ini terbentuk karena adanya mesin recovery yang ada dipasaran dan merupakan bagian dari pada skema bisnis itu sendirinya sebagai bagian dari efektifitas mesin itu sendiri.

Pada dasarnya mesin recovery berfungsi sebagai penampung refrigerant yang dikeluarkan dari system AC mobil tersebut dikarena pada saat itu refrigerant R12 belum ramah lingkungan, namun seiring perkembangan jaman refrigerant type R134a adalah refrigerant ramah lingkungan dan dapat mengurangi kerusakan ozon pada lampisan bumi kita.

Namun dengan kemajuan teknology dan cara berpikir manusia maka dibuatlah mesin recovery sebagai prinsip ekonomi dengan fungsinya menampung refrigerant pada system AC mobil dengan metode menampung refrigerant dan dikembalikan kepada system AC mobil tersebut setelah melalui proses pemisahan oli kompressor pada system mesin recovery itu sendiri. Sesuai dengan namanya mesin recovery yaitu mesin yang mendaur ulang.

Tetapi sangat disayangkan yang terjadi bukanlah pengetahuan yang diberikan kepada konsumen dalam hal perawatan AC mobil tetapi lebih pada orientasi bisnis dan yang dijual kepada konsumen adalah pengantian oli kompressor ac mobil.

Mengenai cara kerja mesin Recovery AC mobil Sahabat SEJATI Bengkel dapat mempelajari dan menjelajah melalui google. Namun pada hari ini kita akan membahas tentang pengantian Oli Kompressor yang banyak digaungkan diluar sana.

PENGANTIAN OLI KOMPRESSOR AC Mobil adalah BISNIS

Mengapa SEJATI Bengkel membahas seperti ini supaya sahabat SEJATI Bengkel dapat memahami cara kerja AC mobil dan tidak mudah terpengaruh bahasa pengantian berkala Oli KOmpressor AC mobil dan sekaligus pengantian refrigerant. Oli Kompressor pada AC mobil bekerja pada system dimana kondisi dalam keadaan tidak ada celah udara didalamnya, sehingga oli yang berada pada system tidaklah menjadi hitam karena sifat oli akan menjadi hitam jika terkontaminasi oleh udara. Dari kajian ini tentu dapat dimengerti bahwa bahasa oli kompressor menjadi hitam jika terjadi kebocoran pada system AC mobil tersebut, dimana didalam system terkontaminasi udara.

Sebagai informasi logika Sahabat SEJATI Bengkel dapat mencoba dengan oli merk apapun biarkan pada udara terbuka dengan tidak ditutup maka niscaya oli akan berubah warna dan yang terjadi sifat kimia dari oli tersebut menjadi berubah karena adanya kontaminasi udara. Sedangkan pada system AC mobil tidak ada udara didalamnya dan oli yang dipergunakan adalah oli syntectic khusus dimana memiliki titik didih dan beku yang berbeda dengan oli lainnya sesuai dengan cara kerja dari Kompressor AC itu sendiri.

Dari gambar diatas kita dapat menjelaskan secara detail hasil dari penampakan oli kompressor AC mobil tersebut. Jika kita ingin menyakinkan bahwa oli tersebut masih baik maka mintalah alat recovery pemisah tersebut membersihkan system slang penarik dan pengisi oli atau refrigerant pada mesin tersebut untuk dikalibrasi kembali atau ganti selangnya maka niscaya oli kompressor sahabat SEJATI Bengkel akan tetap bening atau berwarna kuning sesuai dengan spek dari pabrikasi oli kompressor dari mobil tersebut dengan catatan bahwa system ac mobil Sahabat SEJATI Bengkel berkerja dengan baik tanpa kerusakan.

Dari gambaran dan penjelasan ini kiranya dapat dimengerti bahwa penganti oli kompressor AC mobil adalah bisnis belaka, bagaimana lebih detailnya kita akan kupas tuntas tentang oli kompressor ini pada channel youtube sejati bengkel dengan nama channel Solution Tv Official.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?