Loading...
Motivations

IQ dan EQ sales

Perlunya IQ Sales & EQ Sales

Anggaplah ini seperti simbol YIN dan YANG. Anggap seperti symbol bendera Korea yang melambangkan keseimbangan. Kesimbangan dalam sales juga berarti memadukan antara IQ Sales dengan EQ Sales. Apa bedanya?

IQ Sales adalah ketrampilan menjual. Ini bicara soal teknik, strategi. Misalkan teknik closing yang beragam. Teknik persuasi. Inilah kemampuan teknisnya sales yang perlu dikuasai. Kita menyebutnya sebagai IQ Sales.

EQ Sales berbicara soal sisi lain dari keterampilan menjual, yakni sisi softnya. Misalkan: ketrampilan mengendalikan diri saat stress, ketrampilan memahami emosi pelanggan, kemampuan membaca prospek, kemampuan untuk berkomunikasi, membangun network, membangun relasi jangka panjang, mengungkap kebutuhan emosional pembeli, memahami “tombol panas” serta “tombol dingin” si pembeli, menciptakan emotional buying proposition yang menggugah sisi emosi. Itulah bagian-bagian penting dari EQ Selling. Dan bagian inilah yang membuat akhirnya seorang sales bisa mempertahankan pelanggannya untuk jangka panjang.

Belajar Dari Dua Kasus

“Aria adalah sales yang sangat getol dan gesit. Ketika bertemu dengan seseorang yang dia anggap calon prospek yang baik, dia akan sangat agresif. Tanpa peduli keadaan calon prospeknya. Dia akan kejar. Tapi, justru sikap itulah yang membuat banyak orang tidak suka dengan gayanya. Tingkat closingnya tidak tinggi.”

“Maya berbeda. Maya adalah penjual yang sangat ramah dan sopan. Ia memberi waktu kepada nasabahnya untuk memutuskan. Ia menjaga hubungan dengan baik. Malahan ada yang seperti keluarga. Namun, berkali-kali ia ditegur karena closingnya juga nggak bagus. Maya cuma merasa tidak ingin terlalu mengambil keuntungan dari kepercayaan dan hubungan yang ia bangun selama ini dengan nasabahnya.”

Aria adalah contoh sales dengan IQ Sales bagus tapi EQ Salesnya lemah. Sebaliknya Maya adalah contoh Sales dengan EQ Sales bagus tetapi IQ Salesnya lemah.
Karena itulah, pastikan tim sales Anda punya kemampuan IQ dan EQ Sales yang bagus adalah kuncinya.

Bagaimana membuat emotional benefit selling dari barang ataupun jasa yang mau dijual
Memahami dan mampu melakukan proses P-R-I-D-E yang penting dalam penjualan yakni P (Prospecting), R (Relating), I (Influencing), D (Decision Assisting) serta E (Endless Servicing)
Juga memahiri teknik STAR selling yakni suatu teknik presentasi dan interaksi saat bertemu pembeli yang mesti dikuasai oleh penjual untuk menutup transaksi.
Mampu membaca dan memahami emosi serta kuasai ilmu bahasa tubuh prospek maupun pelanggan.

Itulah seputar mengenai IQ dan EQ dalam dunia marketing/Sales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?