Loading...
ArtikelSystem Pendingin

Tutup Radiator

Tutup radiator adalah hal yang sangat sederhana dan seolah hanya menutup air dari radiator, namun sadarkah sahabat Sejati Bengkel tentang peran utama Tutup Radiator ini dalam system pendinginan mesin mobil? Yuk kita bahas tentang cara kerjanya dan yang menjadi salah satu penyebab mobil mengalami overheat.

Dari Gambar diatas kita jelaskan tentang nama bagian dari Tutup Radiator, namun bagaimana langkah kerjanya? berikut ini langkah dan system kerja dari tutup radiator beserta fungsinya.

Apa fungsi tutup radiator?
Tutup radiator memiliki beberapa fungsi :
  1. Membuat sistem pendingin tertutup dari kontaminan luar.
  2. Dengan menjaga tekanan pada sistem pendingin, itu meningkatkan titik didih.
  3. Tutup radiator memungkinkan pendingin untuk mengalirkan ke ekspansi saat pendingin menjadi panas.

Bagaimana mencari tutup radiator yang tepat?

Tutup radiator yang tepat memiliki standart tekanan sesuai dengan spek dn kriteria pada system pendingin mobil tersebut dengan ukuran PSI. Mencocokkan PSI YANG ADA sangat penting dalam memilih penutup radiator sahabat SEJATI BENGKEL serta ukuran dari SEAL seperti gambar berikut ini.

Bagaimana Cara kerja Tutup Radiator?

Ketika cairan pendingin terlalu panas, tekanan semakin meningkat karena berada di ruang tertutup. Tutup radiator berfungsi sebagai katup pelepas yang disetel agar terbuka pada titik tekanan maksimum. Biasanya ini diatur pada kepadatan 15 pound per inci persegi (psi). Ketika tekanan cairan di dalam radiator melebihi 15 psi, itu memaksa katup terbuka, memungkinkan panas untuk keluar dan cairan pendingin berlebih mengalir ke tangki reservoir radiator. Setelah radiator dingin, cairan pendingin dalam tangki reservoir radiator yang meluap akan kembali tersedot ke radiator melalui overflow tube.

Detail penjelasan videonya pada link berikut ini https://youtu.be/VY54ooAvgVg

 

Kapan dilakukan Pengantian atau Bagaimana dengan Perawatannya?

Tidak ada Perawatan pada tutup Radiator yang ada adalah Pengantian dengan ciri sebagai berikut :

  1. Vacuum Valve (keterangan lihat gambar diatas) sudah mulai keropos atau korosi
  2. Gasket atau Seal sudah mulai usang.

Dari ciri tersebut diatas sebaiknya segera lakukan pengantian dengan spek standart masing masing mobil sahabat Sejati Bengkel dan selalu diingat bahwa ukuran PSI pada setiap karakter system pendingin mobil berbeda, jika tidak menemukan yang bertuliskan mengenai tekanan maka acuannya adalah diameter ring gasket/seal.

Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?