Loading...
ArtikelPengetahuan Dasar Perawatan AC

Perbedaan TORSI Vs POWER pada system Mekanical

Sahabat Sejati Bengkel dimanapun berada, tentunya kita sering mendengar tentang TORSI atau POWER pada unit kendaran kita baik itu motor ataupun mobil. Mari kita kupas tuntas satu demi satu sehingga sahabat SEJATI Bengkel dapat mengenal dan mengerti perbedaannya.

TORSI

Torsi adalah gaya dorong yang dihasilkan oleh gerak mekanical/mesin. Contoh torsi pada aplikasi sehari-hari adalah kemampuan untuk memutar kunci ring dipengaruhi oleh jarak atau panjang gagang. Semakin panjang gagang, maka tenaga manusia yang dibutuhkan untuk memutar mur atau baut semakin ringan atau jika dikonversi maka torsi yang dihasilkan oleh gerakan tangan maka akan menjadi semakin besar. Satuan torsi dihitung dengan satuan Nm (Newton Meter), Kgm (kilogram meter).

POWER

Power/tenaga adalah nilai yang menunjukkan sebuah gaya dilakukan. satuan untuk menunjukkan tenaga atau daya adalah menggunakan satuan Horsepower (HP) atau PS.  Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh waktu, sebagai contoh sebuah roda berputar tiap menit, maka ada sebuah tenaga yang dihasilkan agar kendaraan tersebut bisa berjalan dengan kecepatan tertentu. 

Dari Penjelasan diatas dapat kita ketahui tentang TORSI VS POWER tentang definisi dan satuaanya, sekarang kita kupas tuntas mengenai Perbedaannya.

  • Di Setiap Mobil Tidak Sama Besaran Torsi Dan Power/Tenaganya pada semua jenis mobil memiliki besaran yang sama pada torsi dan powernya. Sebagai contoh Sahabat SEJATI Bengkel ingin membeli sebuah mobil balap, maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi. Berbeda jika ingin membeli sebuah mobil komersial, kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut dikarenakan mobil komersial pasti akan membawa muatan yang tidak sedikit.
  • Torsi Bisa Dimanipulasi Sedangkan Power/Tenaga Tidak Untuk menjelaskan bahwa torsi dan Power/tenaga itu berbeda adalah dari hasil yang didapatkan. Nilai dari sebuah putaran atau torsi itu bisa diubah dengan menggunakan sebuah alat bernama girboks. Jadi, nilai dari torsi bisa semakin naik apabila dipengaruhi dengan gigi rasio. Akan tetapi Power/tenaga tidak bisa dimanipulasi oleh apapun. Jadi, kecepatan dari torsi itu sangat bergantung dari dorongan yang dihasilkan oleh mesin. Lebih mudahnya seperti ini, ada sebuah kendaraan memiliki nilai torsi sebesar 50 pound feet dan gigi rasio sebesar 3,0. Maka torsi yang dihasilkan adalah tinggal dikalikan saja dan hasilnya adalah 150 pound. Akan tetapi angka tersebut masih bisa dimanipulasi, sehingga hasilnya mungkin saja mencapai tiga kali lipat lebih dari semula.
  • Torsi Memiliki Peran Ketika Kendaraan Diam, Sedangkan Power/Tenaga Saat Kendaraan Bergerak¬† Torsi lebih banyak memiliki peran untuk mengatur putaran mesin, sehingga mobil yang dalam keadaan diam bisa bergerak. Torsi ini berawal dari adanya sebuah ledakan Power/tenaga yang terjadi di ruang bakar pada mesin. Setelah itu tenaga yang dihasilkan akan tersalurkan menuju roda gila, gardan, dan transmisi dengan bantuan kruk as. Sehingga lama kelamaan roda tersebut pun akan mulai bergerak. Secara sederhana, pengertian terkait apa itu torsi sangat mempengaruhi performa dari mesin mobil. Sedangkan untuk Power/tenaga akan memiliki peran ketika mobil tersebut sudah mulai bergerak. Semakin cepat mobil melaju maka tenaga yang dihasilkan pun pasti besar atau tinggi. Tinggi rendahnya tenaga yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh waktu. Misalnya sebuah roda berputar tiap menit, maka ada sebuah tenaga yang dihasilkan agar kendaraan tersebut bisa berjalan dengan kecepatan tertentu. Jadi torsi dan Power/tenaga tersebut memiliki keterkaitan untuk performa kendaraan.
  • Torsi Dihasilkan Lebih Dahulu Dibandingkan Dengan Power/ Tenaga torsi memiliki peran ketika sebuah mobil masih dalam posisi diam. Dengan adanya ledakan di ruang pembakaran pada mesin, sehingga akan menghasilkan sebuah gaya yang disalurkan ke roda sampai bergerak. Setelah bergerak pengemudi harus membuat mobil tersebut melaju dengan cepat dan kencang. Dalam hal ini power/ tenaga memiliki peran penting. Jadi jika kita melihat sebuah mobil melaju sangat kencang, itu berarti tenaganya yang diberikan juga besar.
  • Tanpa Torsi Besar, Tidak Akan Menghasilkan Power/Tenaga Yang Besar Banyak yang mengira bahwa performa kendaraan itu dihasilkan dari tenaga yang besar. Semakin besar tenaga, maka performa kendaraan juga pasti memiliki nilai lebih di mata masyarakat. Jika Sahabat SEJATI Bengkel akan menginginkan sebuah kendaraan yang memiliki laju cepat atau besar harus memperhatikan nilai yang dihasilkan dari torsi mobil tersebut. Sebab tanpa pengaruh dari torsi yang dihasilkan, maka sebuah kendaraan tidak akan dapat melaju dengan sempurna. Nilai dari torsi yang dihasilkan pada ruang pembakaran di mesin memiliki peran paling penting dalam sebuah kendaraan. Jika mobil tidak bisa menghasilkan torsi yang besar, laju kendaraan pun akan menjadi lambat atau tidak cepat.

Dari penjelasan diatas kiranya Sahabat SEJATI Bengkel dapat mengerti bahwa di SEJATI BENGKEL dapat melakukan perubahan Torsi sehingga menghasilkan akselerasi yang cepat dan sesuai dengan spesifikasi dari system gerak mekanical yang berada pada unit kendaraan Sahabat SEJATI Bengkel yang menghasilkan efesiensi bahan bakar atas perubahan pada Torsi mobil Sahabat SEJATI Bengkel.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?