Loading...
Artikel

Apa dan Bagaimana TUNE UP yang benar

Apa Kabar Sahabat SEJATI BENGKEL dimanapun berada, senantiasa kita panjatkan Puja dan Puji syukur kepada Tuhan YME atas segala kenikmatan dan ksehatan yang telah diberikan olehNya.

Hari ini SEJATI BENGKEL akan menjelaskan tentang TUNE UP bagi sahabat SEJATI BENGKEL dimanapun berada.

Apa sih sebenarnya kata Tune Up itu dan mengapa sahabat SEJATI BENGKEL selalu kebengkel mengatakan TUNE UP dan toh pada akhirnya tidak semua dari kita mengeluh setelah melakukan TUNE UP mobil tidak ada bedanya.

TUNE UP  diambil dari kata Tuning and Up yang berarti adalah mentuning kembali atau mengembalikan kembali performa mesin beserta komponen komponennya atau bahwakan menjadikan mobil menjadi memiliki performance seperti baru kembali.

Langkah langkah yang tepat pada pengerjaan TUNE UP Mobil adalah sebagai berikut :

  • Pengecekan Kondisi Mesin baik secara Pelumasan, system pendingin mesin atau radiator, sampai dengan masalah elektrical atau lampu lampu.
  • Pengecekan Rem beserta komponen komponennya mengapa rem menjadi bagian TUNE UP karena rem merupakan sumber keselamatan kita dan selayaknya disaat kendaraan kita dilakukan TUNE UP maka orientasi utama adalah REM. Ingat “SAFETY FIRST” disinilah peran SEJATI BENGKEL mengedukasi dan memberikan pelayanan yang berbeda dengan bengkel bengkel pada umumnya disaat proses pelaksanaan TUNE UP.
  • Pengecekan Pelumas pada gear atau gardan dan Pelumas pada transmisi.
  • Pengecekan Kaki kaki dan baut baut roda dan mengecek apakah ada part part yang mengalami keausan.
  • Pengecekan System Pedal Kopling atau free play kopling
  • Pengecekan System Air Conditioner atau AC baik secara general cleaning atau periodical cleaning dengan menganti filter kabin.

Itulah sekiranya pengetahuan yang dapat SEJATI BENGKEL berikan tentang pengertian atau pengerjaan TUNE UP yang mengacu pada Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara sehingga performa kendaraan menjadi seperti kendaraan baru.

Perlu diketahui juga bahwa mobil mobil yang diproduksi era tahun 2000 an keatas sudah mengacu pada LOW MAINTENANCE sebagai bukti bahwa banyak bahan yang dipergunakan untuk Intake dan lainnya mengunakan bahan yang terbuat dari Raisin atau sejenis serat karbon.

Kemudian yang menjadi pertanyaan Sahabat SEJATI BENGKEL adalah Kapan sebaiknya perawatan atau TUNE UP dilakukan?

SEJATI BENGKEL menyarankan melakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan mana lebih cepat tercapai dahulu. Namun jangan kemudian Sahabat SEJATI BENGKEL beranggapan bahwa semua bengkel akan melakukan hal yang sama. Mengapa Demikian?

Banyak pelaku jasa bengkel yang kurang memberi edukasi langsung terhadap pemilik mobil tentang Apa dan Bagaimana melakukan perawatan yang baik dan benar dan sahabat SEJATI BENGKEL pun akan bertanya kembali Mengapa Demikian? Baiklah akan kita bahas secara analisa umum dengan urutan sebagai berikut:

  • Ketidak pengetahuan tentang Produk dan Knowledge mengenai Pelumas yang beredar.
  • Ketidak pahaman dalam menganalisa tentang masalah dan kinerja mesin secara struktural dari sebab karena kebanyakan yang ditanggani adalah Akibat.
  • Mindset atau pola pikir tentang sebuah usaha bengkel hanya tentang uang dan bukan pada kualitas akan hasil pengerjaan.
  • Mindset tentang kekuatiran rejeki.

Namun tidak semua seperti itu, yang kami berikan gambaran dan analisa diatas karena banyak keluhan pemilik kendaraan yang bercerita bahwa semua bengkel adalah sama padahal pada kenyataannya tidaklah semua sama bergantung dari kualitas dan management bengkel itu sendiri dalam orientasi pola pikirnya didalam usaha yang dijalaninya.

Semua pilihan dan keputusan ada pada Sahabat SEJATI BENGKEL dimanapun berada, namun kami selalu memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan nyata tentang dunia otomotif secara apa adanya dengan bahasa yang sensasional, inspiratif dan tentunya edukatif.

Sebagai penutup dari artikel ini Pesan SEJATI BENGKEL adalah

“Jangan pernah membeli Pelumas dengan trend merknya tetapi pelajari Product dan Knowledgenya tentang produk tersebut karena kelangsungan keawetan mobil sahabat SEJATI adalah Pelumas yang paling penting untuk perawatan Mesin tanpa mengesampingkankomponen yang lainnya”.

Demikian artikel TUNE UP ini semoga bermanfaat dan jangan pernah lupa untuk subscribe Channel YOUTUBE SEJATI BENGKEL karena kami lebih rutin memberikan informasi melalui konten YOUTUBE.

 

Best Regards,

SEJATI BENGKEL

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?