Loading...
Artikel

Perawatan AC Mobil Teknical Vs Bisnis

Apa kabar Sahabat SEJATI BENGKEL……sudah lama kami tidak menghiasi informasi aktual tentang Dunia Perawatan Mobil baik secara AC maupun gerak mekanicalnya. Sahabat Sejati Bengkel pada saat ini masih binggung dengan Perawatan AC Mobil yang baik dan benar, itu sebenarnya yang tepat seperti apa dan Bagaimana langkah yang tepat guna dan tidak terlalu membuang budget atau biaya untuk perawatan AC mobil Sahabat SEJATI BENGKEL.

PERAWATAN AC MOBIL SECARA TEKNICAL.

AC MOBIL secara teknical tidak ada perawatan rutin yang seperti yang diharapkan para pelaku jasa AC mobil, mengapa karena didalam ilmu teknik mengenai Air Conditioner berbicara secara logika dan dikategorikan bermasalah jika kondisi system AC tidak lagi mengeluarkan dingin atau tidak mampu lagi mendinginkan ruangan sesuai dengan kapasitas dari system teknical dari system pendingin tersebut dalam scala kapasitas kerja system yan telah diperhitungkan kemampuan dan kerja system pendingin tersebut dibuat.

Banyak dari kita masih awam mengenai perawatan AC mobil secara perawatan periodikal atau berkala dilihat dari sisi teknis.
Yuk kita bahas secara teknikal Perawatan Mobil yang Tepat.

  • Rawatlah AC Mobil jika angin mulai mengecil

Ini berarti kondisi filter AC atau filter kabin sudah kotor dan biaya perawatannya tidaklah mahal karena hanya menganti filter kabin saja atau bahkan dapat dilakukan sendiri seperti banyak tutorial pada youtube yang dapat sahabat Sejati Bengkel sendiri sesuai dengan keywordnya.

Pengantian Filter AC kabin yang tepat adalah setiap 10.000 km.

Pengertian ini tidak sama dengan pengantian oil mesin mobil dimana oil mobil lebih pada pola tercepat mana dahulu yang dicapai secara periodical Km/Bulan.  Mengapa hanya filter kabin saja bukan pada mengarah yang lain? Karena mobil saat ini sudah dilengkapi filter kabin dengan tujua sesuai eranya mobil sekarang adalah LOW COST LOW MAINTAIN  dimana banyak bahan bahan yang dibuat pada mobil turut serrta membantu mebgurangi limbah dan pengunaan Sumber Daya Alam secara berlebihan dan bagaimana contohnya?kita simak pada lain waktu.

Untuk mencegah cepat kotornya filter kabin yuk kita simak halaman berikut ini

https://sejatibengkel.com/tips-merawat-ac-mobil-berkendaraan-mobil-akan-terasa-nyaman-jika-penyejuk-udara-ac-bekerja-sempurna/

jika kita sudah melihat link tersebut diatas maka akan terjawab perawatan apa yang tepat dilakukan selama 1 tahun sekali atau setiap 10.000 km seperti yang telah kita bahas pada paragraf diatas.

  • AC TIBA TIBA TIDAK DINGIN

Ini adalah murni teknikal dan ada masalah sistem AC baik secara gejala ringan atau perlu penanganan khusus. Pada Kasus ini banyak dari kita berpikir coba ah ganti fuse/skering saja, ini adalah sah sah saja tetapi ini adalah akibat. kemudian dari mana asalnya? kita akan bahas lebih lanjut pada artikel lainnya. JIka kita mengalami kondisi system AC yang sudah tidak dingin secara teknikal akan ada beberapa sebab secara garis besar dengan analisa sebagai berikut:

  • Magnit Clutch Bermasalah
  • Kebocoran pada system
  • Motor Blower tidak berputar tetapi mesin AC/ Kompressor bekerja
  • System Wiring mengalami gangguan secara ARUS LISTRIK

Itulah beberapa hal yang dapat kami jelaskan jika AC tiba tiba tidak dingin dengan analisa penyebabnya, untuk lebih detail saksikan link channel youtube SEJATI BENGKEL dan OTOMOTIF SOLUTIONS.

  • AC BAU APEK ATAU BAU TIDAK SEDAP

Faktor ini menandakan bahwa filter kabin sudah kotor atau jika sudah melakukan pengantia rutin filter kabin maka langkah yang dilakukan berikutnya adalah melakukan general cleaning yaitu membersihkan evaporator yang sudah berdebu akibat hembusan filter kabin yang memiliki celah sangat lembut menempel pada dinding evaporator. Pada tahap ini biasanya secara otomatis system SOP Perawatan AC mobil maka dilakukan juga pengantian oil kompressor dan filter dryer AC, sehingga system bekerja secara sempurna. Untuk detail mengenai ini silahkan baca link berikut ini.

https://sejatibengkel.com/penyebab-ac-panas-bau-tidak-sedap/

PERAWATAN MOBIL SECARA BISNIS

Dalam konteks pembahasan ini, penulis telah menjelaskan kajian secara teknical sehingga menjadi jelas maksud dan tujuannya dam kembali pada para Sahabat SEJATI BENGKEL melihat dari sudut pandang mana, namun penulis tidak bermaksud apapun dalam bidang jasa ini karena penulis hanya membagikan tentang hal kajian baik secara teknis maupun bisnis.

Dalam konteks ini biasa yang dilakukan adalah penawaran atau istilah sebagai berikut :

  • Pengantian Freon/refrigerant
  • Pengantian Oil Kompressor

Kajian kedua hal ditas adalah berbicara return of business, sehingga semua kembali bagaimana kita melihat dan menimbang untuk proses azas manfaat bagaimana merawat AC mobil yang tepat dan kembali pada konsep LCGC Low Cost Green Car itu digalakkan dan diciptakan.

Tulisan ini tidak bermaksud apapun hanya sebagai informasi secara teknical dan bahasan mengenai Oil Kompressor  AC mobil dapat dibaca pada link berikut ini.

https://sejatibengkel.com/pengantian-oil-kompressor/

 

Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?