Loading...
Artikel

PENYEBAB AC PANAS & BAU TIDAK SEDAP

Banyak keluhan para Sahabat SEJATI BENGKEL mengeluhkan AC menjadi tidak dingin atau panas dan menimbulkan bau tidak sedap, membuat kita tidak nyaman berkendara dan bau yang membuat kita menjadi salah satu penyebab emosi saat berkendara.

Tidak dapat dipungkiri masalah ini banyak terjadi dan banyak informasi yang tidak kita ketahui apa dan bagaimana mengatasi serta penyebab utama dari masalah ini.

Kebiasaan kebiasaan yang tak pernah kita sadari dan membuat AC bau tidak sedap serta panas adalah sebagai berikut:

1. MEMASANG PENGHARUM YANG TERLALU BANYAK & MENYENGAT
Pengharum ruangan terbuat dari campuran asam dan minyak yang dapat menempel dan menggumpal di saluran ac. Gumpalan ini akan mengakibatkan penyumbatan pada saluran keluar, sehingga udara di dalam ac menjadi panas.
Selain itu ada juga yang memasang Pengharum di dekat motor blower atau evaporator maka akan mempercepat proses dari pengumpalan pada Evaporator dan berakhir bau menjadi tidak sedap.

2. MEROKOK DIDALAM MOBIL
Kebiasaan merokok di dalam mobil, baik saat ac hidup atau mati, keduanya sangat tidak baik terhadap kesehatan ac mobil. Asap rokok yang menggumpal di saluran ac akan menyebabkan ac mengalami korosi dan bocoR serta udara yang dihembuskan menjadi tidak sedap dan berbau apek.

3. KABIN YANG KOTOR
Saat ac mobil dinyalakan, kotoran yang lengket di karpet akan terhirup oleh saluran ac. Bagian filter yang fungsinya untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk tidak lagi berfungsi dengan baik. Karena debu dan kotoran yang masuk sudah terlalu banyak. Kotoran yang menumpuk pada filter kabin akan masuk kedalam evapoartor secara perlahan dan akan membuat evaporator menjadi lembab dan bau keropos karena adanya gumpalan kotoran pada Evaporator.

4. MEMBUKA KACA MOBIL
Saat kita membuka kaca mobil terutama disiang hari dan udara berdebu akan mempercepat kabin menjadi kotor, debu yang masuk ke dalam kabin akan terhisap oleh motor blower dan masuk kedalam filter ac dan akan mempercepat filter menjadi kotor. Kotoran yang sangat banyak pada filter AC akan menyebabkan angin menjadi kecil dan membuat bau tidak sedap.

5. TIDAK MELAKUKAN SERVICE RUTIN ATAU BERKALA
Service rutin atau berkala sangat membantu hal menjaga AC tetap dingin dan berudara segar. AC Dingin belum Tentu Sehat karena biasanya tercium bau tidak sedap dan didalamnya terdapat jamur dan bakteri yang berada di filter kabin atau evaporator. Namun AC sehat pasti Dingin dikarena udara yang kita hirup segar dan system AC pada Kabin berasa dingin tanpa ada bau atau aroma apapun.

6. SERVICE AC MOBIL DITEMPAT YANG ASAL ASALAN
Ac Mobil memiliki system yang sangat kompleks dan tidaklah mudah atau hanya hafalan yang mana rusak maka diganti, akan lebih baik konsultasikan kepada bengkel yang akan mengerjakan perawatan AC mobil anda baik secara teknical atau secara system kenapa dan mengapa serta efek dari apa yang terjadi.
Sehingga kita dapat mengetahui dengan pasti dan mengerti tentang pennyebab dan efek dari apa yang terjadi.
Banyak kasus mobil setelah service bukan malah menjadi baik tetapi menjadi semakin buruk. Kualitas sumber daya manusia sangat menentukan akan hasil dari proses pengerjaan itu sendiri.

SIAPA YANG DISALAHKAN JIKA MENGALAMI HAL SEPERTI INI?
Kita terkadang menyalahkan bengkel setiap mobil kita bermasalah karena kerusakan yang terjadi. Namun terkadang kitalah yang harus disalahkan atas kerusakan tersebut. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ternyata menjadi penyebab kerusakan pada ac mobil.

Apabila mobil anda memerlukan perawatan AC yang berkualitas dan bergaransi SPARE PART,FREON dan JASA selama 4 bulan, Percayakanlah pada SEJATI BENGKEL, Harga terjangkau dan berkualitas serta bergaransi.

Demikian informasi apa yang menjadi penyebab AC menjadi panas dan bau tidak sedap, semoga bermanfaat dan nantikan tips tips terbaik dari kami dalam hal perawatan kendaraan Sahabat SEJATI BENGKEL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?