Loading...
Artikel

Hari gini Menambah Kabel Ground Pada Mobil

Era saat ini adalah era yang luar biasa dimana banyak peluang baik secara mendidik logis dan tidak logis tentang aksesoris dunia otomotif. Pada hari ini Sejati Bengkel mengajak sahabat Sejati Bengkel untuk belajar lebih dalam tentang dunia Otomotif dari sisi tentang Ground atau penambahan aksesoris kabel ground pada mobil.

Mari kita bahas satu demi satu tentang arti dan fungsi dari Kabel Ground (negatif) pada unit mobil kesayangan sahabat sejati bengkel.

Grounding pada Mobil adalah sebagai penghantar arus negatif (tanda minus pada sumber baterai)

Fungsi ground adalah sebagai penghantar arus negatif pada mobil dan terhubung melalui body dan mesin mobil kesayangan Sahabat Sejati Bengkel. Sebuah lampu atau alat listrik akan menyala jika terdapat dua kutub negatif dan positif yang menghantar arus listrik sehingga lampu tersebut akan menyala.

Perlukah adanya penambahan kabel grounding

Kondisi ini diperuntukan untuk mobil mobil lama dimana penghantar ground pada body sudah mengalami keropos maka arus negatif yang dihantarkan oleh sumber tegangan atau Accu akan menjadi terhambat oleh adanya keropos atau korosi pada mobil. Untuk mobil mobil saat ini kabel grounding sudah disediakan dari pabrikasi dan arus yang terhubung dengan ECU berasal dari sumber tegangan ACCU atau baterai. Namun banyak sekali informasi didunia maya tentang penambahan kabel ground dan banyak informasi sugesti yang mengatakan adanya perubahan pada saat berkendara baik secara akselearasi atau secara kelistrikan itu sendiri.

Berikut ini kami akan jelaskan secara detail kenapa dan mengapa diperlukan penambahan kabel grounding dengan scala analisa dari sebab akibat:

  1. Lampu kurang terang biasanya terjadi akibat arus ground kurang maksimal karena terjadi korosi pada body atau ngefonk pada kabel pengantar ground (namun biasanya ini terjadi pada kabel yang bukan standart pabrik), jika kabel yang berasal dari standart pabrik biasanya lampu redup efek kurangnya ground yang disebabkan oleh korosi atau kendor. Dalam hal ini apakah diperlukan adanya tambahan kabel ground? untuk mobil yang masih standart dan lampu masih mengunakan dari standartnya ini tidaklah diperlukan dan tidak mungkin terjadi kecuali sudah pernah diganti dengan kabel aksesoris atau dimodifikasi dengan kabel yang bukan standart bawaan pabrik.
  2. Alternator diberikan kabel ground, dalam hal ini mari kita belajar lebih dalam tentang alternator dan fungsinya, alternator adalah pengisi arus dan tegangan ke sumber tegangan baterai/ACCU, sehingga yang menstabilkan tegangan adalah sumber tegangan atau baterai. Alternator akan menjadi bermasalah jika menghasilkan sumber tegangan yang tidak beraturan dan biasanya akan mempengaruhi kinerja dari Sumber tegangan atau Baterai itu sendiri. Dari sini sahabat sejati bengkel dapat mengetahui garis besar fungsi dan kegunaan alternator itu sendiri. Lebih detail lagi mari kita menganlog pada sebuah sepeda dengan dinamo yang menghidupi lampu, apakah ada sumber tegangan baterai? tentunya tidak ada karena arus dan tegangan yang dihasilkan berdasar pada putaran roda dan tidak memiliki sumber tegangan baterai sehingga lampunya terang dan redup mengikuti laju dari roda tersebut.
  3. ECU pada mobil mobil saat ini sudah dilengkapi ECU dan didalam ECU sendiri sudah ada ada kapasitor dan beberapa komponen lain yang mendukung system pengaturan arus dan tegangan pada setiap komponen dari masing masing sendor sesuai dengan kebutuhannya. Arus dan sumber tegangannya berasal dari sumber tegangan atau baterai. dari sini sudah dapat kita ketahui secara logika cara kerja dan bagaimana ECU itu sendiri bekerja.
  4. Kompressor AC memerlukan arus dan tegangan hanya untuk menghidupkan kompressor tetapi tidak pada body kompressor itu sendiri tetapi untuk memberikan arus pada Magnit Clutch. Bagaimana cara kerja AC mobil dapat disimak pada artikel Youtube sejati bengkel tentang AC mobil.https://www.youtube.com/watch?v=GsYreBFbA5M
  5. Transmisi pada transmisi matic mobil, arus dan tegangan listrik berada didalam transmisi dan diatur oleh ECU yang berada di SELENOID transmisi yang terletak dibagian bawah dalam transmisi.

Dari ulasan tadi diatas dapat diketahui bahwa fungsi kerja ground sudah terstruktur dan pabrik mengeluarkan mobil sudah melalui Research and Development tentang kelistrikan mobil apalagi yang terhubung dengan ECU itu sendiri.

Kabel Grounding diperlukan jika mobil tersebut mengalami banyak korosi pada body atau penghantar ground tersebut atau sudah melakukan pengantian kabel dengan kabel yang berada dipasaran sebagai aksesoris dimana kasus yang terjadi kabel tersebut mengalami ngefonk atau jamur baik dari sisi kabel ground maupun pada kabel penghantar arus positif.

Demikian ulasan mengenai penambahan kabel body sebagai penghantar ground dan dengan penjelasan yang detail dan logis menurut versi sejati  bengkel dan berikut penjelasan mengenai kapan mobil tersebut memerlukan atau diperlukan adanya penambahan kabel ground.

Semoga bermanfaat dan marilah kita semua berpikir secara logis mengenai azas manfaat dan tidak hanya berdasar sugesti atau katanya yang tidak berdasar secara kajian teknik maupun secara kajian logika.

Terima kasih dan tetap waspada dalam berkendara serta cek mobil sahabat sejati dengan baik dan benar terutama REM sebagai faktor keselamatan utama dalam berkendara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?