Loading...
Artikel

Pengetahuan mengenai transmisi matic Velfire

Apa kabar Sahabat Sejati bengkel dimanapun berada? senantiasa kita panjatkan Puja dan Puji syukur kepada Tuhan YME atas segala hidayah berkah, barokah serta segala kenikmatan kita hingga saat ini.

Banyak pemilik Velfire binggung untuk memeriksa kondisi oil transmisi maticnya, dimanakah letaknya? Toyota Velfire tidak memiiliki distick ukuran untuk oil transmisi maticnya. Dari pihak Pabrikasi memang tidak ada letak dan posisi untuk dipstik pemeriksaaan oil transmisi sehingga para pemilik Toyota Velfire hendaknya rutin untuk memeriksakan kepada bengkel bengkel yang benar benar memahami tentang proses Tune Up khusus Toyota Velfire.

Toyota Velfire memiliki oil transmisi yang berbeda dengan saudara kandungnya yaitu Toyota Alpard. Toyota Alphard pada system transmisinya masih mengunakan AT Torque Converter sedangkan Velfire mengunakan CVT (continously variable transmision), berikut ini SEJATI BENGKEL menjelaskan perbedaan dari transmisi matic AT vs CVT.

Mobil Transmisi Otomatis CVT (Continuously Variable Transmission)
Mobil dengan transmisi otomatis CVT, menggunakan perangkat puli dan sabuk baja sebagai komponen utama pengggerak transmisi. Transmisi jenis CVT dapat melakukan perubahan gigi rasio menyesuaikan dengan putaran mesin.
Hal ini membuat mobil yang menggunakan transmisi otomatis CVT, perpindahan gigi sangat halus dan terkadang tidak terasa oleh pengemudi. Selain itu, hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil. Kelebihan lain dari mobil transmisi otomatis menggunakan CVT, pengemudi tidak memerlukan RPM tinggi, untuk mendapatkan tenaga besar, tentunya dengan pemakaian normal seperti di dalam kota. Dengan RPM mobil yang jarang tinggi, membuat mobil dengan transmisi CVT lebih irit bahan bakar, dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis AT.

Pada mobil dengan transmisi otomatis AT (Automatic Transmission) terdapat 3 komponen utama yang menggerakkan:
1.Torque Converters.
2.Planetary Gear Set.
3.Hydraulic Control Unit.

Kelebihan & Kekurangan Transmisi CVT VS AT
Ketika anda ingin mendahului mobil lain, pada transmisi CVT tarikan lebih terasa halus, sebab tidak ada hentakan akibat perpindahan transmisi. Tapi jika anda perlu akselerasi cepat untuk menyalip, saya yakin anda pasti kecewa.

Pada transmisi CVT, ketika pedal gas anda angkat setelah melakukan akselerasi untuk menyalip, anda tidak perlu menekan gas terlalu banyak karena kecepatan mobil masih terjaga. Engine brake (pengereman dengan mesin), pada transmisi CVT lumayan terasa, namun tidak sebagus transmisi manual. Jika anda melewati jalanan turunan, pada transmisi CVT, pengereman akan dibantu oleh engine brake dan transmisi juga berpindah secara otomatis untuk membantu pengereman.

Selain itu perpindahan gigi yang halus, membuat mobil CVT dalam perpindahan gigi sedikit mengalami penurunan RPM mesin. Tentunya hal ini membuat transmisi CVT lebih irit bahan bakar, dibandingkan dengan transmisi AT.

Tetapi ada juga kekurangannya, mobil dengan transmisi CVT cendrung kurang responsif dalam akselerasi dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis AT. Selain itu, pengantian oli transmisi pada mobil dengan transmisi CVT, tidak boleh sembarangan, anda harus mengikuti standar oli rekomendasi dari dealer resmi.

Sedangkan kalau di transmisi otomatis AT, performa akselerasi lebih bagus dari CVT, selain itu biaya perawatan lebih murah. Hanya saja hentakan perpindahan gigi masih terasa. Untuk engine brake transmisi AT tidak sebagus CVT dan kecendrungan sedikit nyelonong kalau posisi tranmisi di D (Drive). Jadi harus menggunakan mode manual (M +/- atau D, 3, 2, L) terutama pada saat jalan turunan.

Berikut ini penampilan dari cara menganti oil transmisi matic Velfire

Pengantian Oil Matic Vellfire

Toyota Velfire mengunakan oil transmisi khusus yaitu CVT-F jika kita salah mengunakan ATF maka besar kerugian akan menimpa kita karena harga service dan part transmisi sangatlah mahal sekitar 100 jutaan secara total nilai service dan partnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan kepada Sahabat Sejati Bengkel dimanapun berada.

Selamat beraktifitas dan nantikan selalu informasi-informasi spektakuler bermanfaat dari sejati bengkel pada topik topik berikutnya.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?