Loading...
Pengetahuan Dasar Perawatan AC

Penyebab AC Mobil Bermasalah

Sahabat Sejati Bengkel mungkin ada yang mengalami masalah tentang AC mobilnya dan sudah beberapa kali ke bengkel namun tidak juga menemui solusiny bahkan sudah browsing muter nuter tetapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dan sudah menghabiskan biaya yang cukup besar dan tentunya menguras kantong.

Pada hari ini Sahabat Sejati akan menemukan solusi dari masalah ac mobil yang akan kami jelaskan secara detail dari analisa analisa yang ada.

AC Mobil Tiba tiba tidak dingin

Penyebab awal yang mudah kita lakukan secara DIY artau Do it Your Self adalah kita cek dahulu mulai dari tahapan yang sangat sederhana, bagaimana prosesnya dan dari mana akan memulainya? oke kita mulai dengan langkah langkah pengecekan sederhana sebagai berikut :

  1. Nyalakan mesin dan posisikan knop ac pada posisi on dan hidup kemudian dengarkan pelan pelan apakah bunyi cetak cetek atau tidak? jika tidak maka yang terjadi adalah refrigerant atau biasa orang umum katakan freon telah habis atau berkurang dari system.
  2. Lihat ke bagian mesin pada bagian Kompressor terutama bagian depan dan cek posisi magnit clutch apakah masih utuh atau sudah terlihat cacat pada center piece yitu bagian luar yang terlihat nampak pemuaian, jika hal ini terjadi maka magnit clutch bermasalah dan segeralah lakukan pengantian karena jika sampai macet akan menganggu kerja mesin dimana fan belt menyatu dengan mesin.
  3. Mesin mobil overheat maka ECU akan menghentikan kerja system ac pada mobil untuk mengurangi beban dan mengantarkan kita ke bengkel terdekat.
  4. Terindikasi bau oil atau seperti gas yang masuk ke dalam kabin maka itu adalah ciri ciri dari evaporator mengalami kebocoran.

AC Dingin tetapi Angin KecilĀ 

Jika Sahabat Sejati mengalami hal seperti ini, maka lagkah yang dilakukan bukan menambah refrigerant karena ini adalah trik marketing oknum yang melakukan penipuan berkedok. Hal ini terjadi karena kondisi AC mobil Sahabat Sejati mengalami masalah pada Evaporator atau Filter kabin yang sudah kotor akibat tidak pernah melakukan perawatan berkala.

Untuk masalah ini jika memiliki filter kabin maka kita dapat cek dibalik laci dasbor depan kanan dimana letak filter kabin berada disitu, lakukanlah pengantian bukan penyemprotan karena perawatan yang tepat adalah menganti filter kabin setiap 10.000 km sekali. Jika filter kabin diganti dan dingin mulai berasa namun angin masih terasa kecil maka lakukan perawatan pada bengkel AC Mobil kesayangan Sahabat Sejati.

AC Dingin jika Malam HariĀ 

Hal ini terjadi sangat banyak sekali sahabat Sejati yang mengalami kasus kasus seperti ini, hal ini terjadi karena efek salah penanganan pada saat perawatan atau pengantian part AC Mobil yang tidak menguasai cara kerja secara system AC Mobil baik secara system kerja dan system pendinginan itu sendiri. Dalam hal ini bisa karena Human Resources yang mendapatkan ilmu teknicalnya secara hafalan atau berorientasi money oriented atau faktor lainnya, namun secara kesimpulan ini terjadi karena ketidak pahaman mengenai system dan juga bisa terjadi karena permintaan Sahabat Sejati itu sendiri dengan pertimbangan akan budget atau cost akan perbaikan itu sendiri. Jika dasar dasar tersebut diatas tidak terjadi dan memang secara Sahabat Sejati dan Human Resource yang mengerjakan perbaikan AC Mobil tersebut memahami system maka hasilnya akan maksimal dan tentunya pasti bengkel tersebut memiliki garansi yang baik pula secara part dan jasa.

AC Mobil Berasa Dingin mengikuti kecepatan mobil/gas

Jika hal ini terjadi dapat dianalisa dan dipastikan secara diagnosa System adalah sebagai berikut :

  • Kompressor pernah diservice/overhoul
  • Takaran Kapasitas Oil Kompressor Berlebih
  • Suara Kompressor Mengorok dengan ciri saat mesin idle dan ac off suara mesin halus tetapi saat AC dihidupkan suara berubah menjadi berisik
  • Kondensor mengalami kebuntuan pada system didalamnya efek flushing (flushing adalah tindakan tidak rekomendasi sesuai prosesdur system pendingin)
  • Extrafan mobil yang terletak pada kondensor mengalami masalah atau rusak

Demikian penjelasan tentang ciri ciri AC Penyebab AC Mobil Bermasalah, semoga ciri ciri dan indentifikasi ini bermanfaat untuk Sahabat Sejati Bengkel dimanapun berada, dan untuk lebih detail saksikan pada link youtube kita atau ikuti blog sejati bengkel karena kami akan memberikan edukasi tentang perawatan AC Mobil dan mesin mobil secara detail dan transparan sesuai dengan kajian ilmu itu sendiri.

Terima kasih dan Selamat Beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?