Loading...
Artikel

Salah Satu Penyebab Konsleting pada Mobil

Sahabat Sejati Bengkel pernah mendengar bahkan pernah mengalami mobil mengeluarkan bau plastik terbakar dan kemudian ada beberapa bagian fungsi kelistrikan menjadi tidak berfungsi atau bahkan tiba tiba mengeluarkan asap putih yang berasal dari kap mesin mobil.

Terkadang membuat kita binggung dan mencari darimana asal sumber bau tersebut dan biasanya yang kita lakukan adalah menengok kaca jendela, apakah sudah tertutup dengan baik dan benar.

Namun tidak lama kemudian bau tersebut semakin menyengat maka langkah yang  harus dilakukan adalah adalah sebagai berikut :

  1. Berhenti di bahu jalan dan kemudian matikan mesin.
  2. Buka kap mesin kemudian cabut kabel ground (negatif) berwarna hitam pada sumber tegangan atau ACCU.
  3. Periksa sumber bau atau sumber asap apakah dari dalam kap mesin atau didalam kabin.
  4. Jika sudah menemukan adanya kabel yang terkelupas usahakan pisahkan kabel yang menempel karena konsleting terjadi karena dua unsur negatif dan positif terhubung menjadi satu.
  5. Isolasi bagian yang terputus atau potong kabel tersebut yang mengakibatkan konsleting atau bau atau penyebab munculnya konsleting kabel tersebut.
  6. Setelah terlihat aman kemudian pasang baterai sebagai sumber tegangan (ACCU) tersebut dari kabel ground yang tadi kita lepas.
  7. Periksa kembali apakah masih muncul bau kembali atau ada penyebab lain disekitar bawah dasbor atau disekitar dalamkap mesin terutama bagian box sekering.
  8. Jika terasa sudah aman kita coba hidupkan mesin dan semua fungsi kelistrikan dari lampu, audio dan aksesoris kita nyalakan semua untuk memastikan kondisi aman.

Lakukan hal tersebut diatas secara seksama dan bila terasa sudah terasa aman maka lanjutkanlah kembali perjalanan sahabat Sejati Bengkel untuk menuju pada perjalanan yang ditentukan.

Apa yang menjadi penyebab utama konsleting pada Mobil

Salah satu penyebabnya adalah pemasangan instalasi aksesoris tambahan atau audio dimana tidak mengunakan kabel yang standart atau penyambungan kabel yang lepas dan mengunakan kabel dobel bukan mengunakan kabel single sesuai standart dunia otomotif dari Amerika Wire Gauge.

Berikut ini adalah data standart kabel yang dapat kami informasikan kepada Sahabat Sejati Bengkel jika ingin melakukan penambahan aksesoris atau penambahan pemasangan audio.

Sebagai pengetahuan untuk sahabat Sejati Bengkel bahwa kabel rumah berbeda dengan kabel mobil jadi tidak dapat sembarangan pada saat melakukan penambahan instalasi aksesoris atau audio pada mobil sahabat sejati bengkel.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencegah kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting atau salah pengunaan kabel yang tidak sesuai standart dunia otomotif.

Salam sehat dan bahagia dari SEJATI BENGKEL, pastikan mobil dalam keadaan fit dan jaga stamina saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?