Loading...
Standart Operational Prosedur SEJATI BENGKEL

Tips Perawatan Rutin Berkala yang tepat

Hari ini sejati bengkel akan memberikan tips dan gambaran detail tentang Perawtan berkala atau Tune Up dengan hal hal apa saja yang dilakukan oleh Team Sejati Bengkel untuk perawatan kendaraan kesayangan sahabat sejati bengkel yang mempercayakan sepenuhnya kepada kami.

Beberapa hal yang sayang kami utamakan adalah pengecekan sejarah mobil sebelumnya dan menanyakan baik ada atau tidak adanya keluhan supaya kami memiliki analisa dan diagnosa dari apa yang dialami saat berkendara. Setelah kita memasuki tahapan ini maka yang langsung kita handle atau dikerjakan adalah Rem/Brake dahulu dan membuka semua rodanya untuk membersihkan dan mengecek ketebalan kampas rem untuk prioritas keselamatan terlebih dahulu sebelum masuk menangani dalam hal mesin terlebih dahulu.

Langkah berikutnya kita masuk ke dalam system mesin itu sendiri dan dibuka mulai dengan pengetapan oil atau berdasar dari sejarah perawatan itu sendiri perlu dilakukan tindakan FLUSHING OIL atau tidak. Mengapa dan apa serta manfaat flushing oil itu sendiri? Fungsi dari Flushing oil adalah membersihkan sludge atau endapan pada system mesin itu sendiri akibat dari adanya kondensasi gerak mekanik yang menghasilkan keasaman dan merubah zatnya menjadi sludge (sejenis lumpur) pada mesin.

Kemudian selain dari faktor kondensasi tersebut adalah faktor dari Produk & Knowledge dari sifat Oil itu sendiri, Dalam hal ini sangat disayangkan sahabat sejati bengkel dimana tidka adanya pengetahuan oil yang tepat karena dalam system penjualan oil tersebut hanya membicarakan SAE saja dan menganggap Oil tersebut adalah import dan bahkan baik adanya ditambah brand image iklan yang luar biasa. Namun tidak semua oil buruk atau jelek kualitasnya namun sangat sedikit yang mau menjelaskan tentang P & K dari produk oil tersebut sehingga yang terjadi adalah reward dan iklan yang dibicarakan disamping dari sisi oil sendiri.

Mari kita kembali kepada topik untuk perawatan dan bahasan mengenai Oil mesin ini akan kita bicarakan pada kontent/judul lainnya. Setelah melakukan proses pengetapan dan kita lakukan pembukaan pada filter oil maka kita mulai mengecek keadaan filter udara apakah perlu diganti atau tidak berdasar pada situasi area yang sering dilalui oleh kendaraan kesayangan sahabat sejati bengkel. Kemudian kita cek kerengangan dari Gap Busi serta membersihak head busi tersebut dengan kain/ tissue (bukan diamplas).

Langkah berikutnya adalah membersihkan throtle body bukan menyemprotkan dengan mesin hidup tetapi kita lepas dan kita bongkar dengan tujuan benar benar membersihkan kerak kerak karbon hasil pembakaran pada posisi intake dari throttle body itu sendiri.

Setelah semua kita cek maka kita akan mengecek semua kadar liquid dari semua yang ada pada system mesin itu sendiri baik secara liquid rem, liquid accu, liquid reservoir dan lain sebagainya dan tak lupa secara kelistrikan dicek secara scanner dan manual melihat kondisi semua lampu. Langkah yang terakhir adalah mengetes dan mencoba dengan cara dihidupkan secara idle ( kondisi semua sudah kita rapikan dan mesin terisi dengan oil) dengan memastikan apakah ada bunyi bunyi pada mesin tersebut dan pengetesan kondisi system keamanan yaitu rem itu sendiri.

Demikian tips perawatan yang kami lakukan only at sejati bengkel Purwokerto dan kami tetap tunggu informasi dari kami berupa topik topik/ judul judul bongkar tuntas perawatan mobil yang baik dan benar baik secara mesin, ac dan understeel.

Terima kasih dan selamat beraktifitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?