Loading...
ArtikelSystem Pendingin

Thermostat Mobil

Apa arti dan fungsi Thermostat pada mobil

Thermostat adalah sebuah perangkat yang bekerja memutus dan menghubungkan aliran liquid atau cairan pada system gerak mekanical dan memiliki fungsi sebagai pengatur suhu yang ditentukan oleh Contact Temperatur sensor dengan mengunakan prinsip elektro-mechanical.

Thermostat ini berasal dari istilah bahasa Yunani kuno yaitu Thermo yang artinya adalah Panas dan Statos yang memiliki arti sebagai status quo atau tetap sama. Jika Kedua kata tersebut disatukan maka akan menjadi arti sebagai “menjaga panas tetap sama”.

Bagaimana Cara kerja Thermostat 

Thermostat bekerja pada range suhu 95 – 100 derajat celcius. Air yang mengalir dari slang atas radiator akan tertahan oleh katup thermostat sampai suhu yang 95 -100 derajat celcius maka thermostat akan membuka dan mengalirkan ke dalam system mesin dan air yang mengalir akan terus dipompa oleh water pump.

Berikut ini adalah gambar water pump

water pump berfungsi memompa air dan mensirkulasi melalui water jacket kedalam mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Pemasangan atau Melepas Thermostat

Melepas thermostat akan mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan, hal ini terjadi karena air yang mengalir dari radiator langsung menuju ke mesin dan hanya diputar oleh waterpump dan dibantu oleh fan/motorfan yang bekerja tanpa ada sekat pembagi kapan terjadinya pendinginan pada aliran pendingin yang mengalir.

Detail video saksikan pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=MccFJG13XXc

Efek melepas Thermostat membuat proses panas mesin tidak stabil atau tidak sesuai dengan temperatur kerja yang dibutuhkan oleh mesin tersebut, sehingga jika kita berkendara pada jalan yang lancar tanpa hambatan maka temperatur terbaca seolah normal. Akan tetapi jika kita berkendara pad akondisi tanjakan atau kondisi macet maka kerja mesin akan maksimal akibat dari sirkulasi udara yang dilepas melalui kisi kisi radiator tidak maksimal efek dari panas yang berlebih pada system kerja mesin tersebut dan bahan bakar menjadi lebih boros.

Jika kita memasang thermostat maka kerja temperatur mesin pada posisi ideal karena panas dan dinginnya mesin terbagi pada thermostat dan oksidasi berjalan secara baik dan tidak memiliki efek samping berlebih dibanding dengan melepas thermostat dimana kondisi saat macet dan panas temepratur akan semakin meningkat dan dapat menyebabkan overheat dikemudian hari.

Demikianlah informasi mengenai system pendingin sebagai informasi dan pengetahuan baik secara cara kerja dan gambaran teknisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?