Loading...
ArtikelSystem Pendingin

TREND Menambah Freon/Refrigerant

Wow artikel ini menarik tentunya tentang hal menambah freon/refrigerant. Bagaimana ciri ciri dan mengapa melakukan menambah refrigerant? SEJATI Bengkel akan mengupas tuntas tentang hal ini karena hal ini banyak terjadi kekeliruan yang mengakibatkan AC mobil sahabat SEJATI Bengkel menjadi semakin parah tanpa disadarinya.

Ciri ciri AC Bermasalah dapat kita pelajari dengan diagnosa sebagai berikut :

  • Tutup Pentil

Pada system AC mobil sahabat SEJATI Bengkel tentu saat membuka kap mesin melihat dua pipa dimana salah satunya tertulis huruf besar H dan L. H pada tutup pentil pada system AC berarti adalah High dan jika disentuh maka akan berasa hangat tetapi berbeda dengan tutup yang tertulis huruf L pada pipa system AC itu artinya Low dan pipa saat dipegang atau disentuh akan dingin dan biasanya pipa dan biasany berembun karena kondensasi. Untuk mengecek system AC masih bekerja baik sahabat SEJATI Bengkel hanya perlu memegang atau menyentuh pipa L saja untuk memastikan apakah terjadi kondensasi dan mengeluarkan keringat dingin. Jika masih dingin pada pipa L tersebut maka dapat dipastikan system AC pada mobil sahabat SEJATI Bengkel masih bekerja baik.

  • Angin dari Kisi Pelan Tapi Dingin

Jika mengalami angin yang keluar dari kisi kisi angin kecil dan sudah melakukan tahapn pengecekan diatas maka dapat dipastikan yang terjadi adalah General Cleaning. Angin berasa kecil bukan berarti tidak dingin tetapi artinya dingin masih berasa hanya hembusannya terlalu kecil. Hal ini terjadi karena kotoran pada filter kabin atau evaporator yang disebabkan karena jarang dilakukan pengecekan atau pembersihan dan atau menjaga kondisi karpet mobil selalu bersih. Menjaga kebersihan AC mobil sahabat SEJATI Bengkel dapat disaksikan pada youtube atau artikel kami pada website ini.

  • Dari Kisi kisi keluar angin saja

Jika tiba tiba atau lama lama AC mobil Sahabat SEJATI Bengkel dirasa yang keluar angin saja maka dapat dipastikan terjadi masalah pada system AC Sahabat SEJATI Bengkel dimana masalah yang biasanya terjadi leaking/kebocoran pada system AC tersebut. Namun bisa terjadi  karena masalah pada magnit clutch atau kompressor itu sendiri. Hal ini akan kami jelaskan pada artikel berikutnya, karena saat ini kita membahas tentang trend era mengisi freon/refrigerant saat dirasa kurang atau tidak dingin.

 

TREND Menambah Freon atau Refrigerant adalah hal yang seharusnya tabu dilakukan? Hal ini karena dapat dipastikan terjadinya kebocoran/leaking atau masalah pada system AC mobil Sahabat SEJATI Bengkel. Efek dari menambah refrigerant dapat membuat budget atau pengeluaran belanja perawatan AC Sahabat SEJATI Bengkel semakin membengkak. Berikut ini kita kupas tuntas mengapa SEJATI Bengkel tidak menganjurkan Penambahan Freon/Refrigerant.

Efek Menambah Refrigerant/Freon:

  1. Jika terjadi leaking atau kebocoran maka oli kompressor akan keluar bersamaan dengan freon/refrigerant. dari hal ini maka dapat disimpulkan saat menambahkan refrigerant dapat dipastikan pada kerja kompressor tidak ada oli yang melumasi kerja pada system kompressi dari kompressor tersebut.
  2. Menambah refrigerant ditambah oli, ini juga SEJATI Bengkel tidak menyarankan karena siapa yang dapat mengetahui lebih cepat mana refrigerant/freon dengan oli keluar? Jika kita berasumsi bahwa keluar refrigerant lebih dahulu baru kemudian oli maka saat kompressor bekerja tanpa oli apa yang terjadi?
  3. System AC mobil Sahabat SEJATI Bengkel akan tercampur dengan udara dimana pada system pada AC mobil tidak boleh adanya kotaminasi dengan udara, jika system terjadi kontaminasi udara maka terjadi AC tidak dingin dan system akan hitam dan tentunya yang terjadi adalah kerusakan pada kompressor Sahabat SEJATI Bengkel dan tentunya akan berakibat pada semua komponen pada system AC mobil Sahabat SEJATI Bengkel mengalami keausan dan membuat budget/biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar.

Hal ini kita kupas tuntas supaya pengetahuan ini dapat dimengerti akan maksud dan tujuannya sehingga budget anggaran perawatan mobil Sahabat SEJATI Bengkel dapat terkontrol dan termanagemen dengan baik dan tepat. Lakukanlah konsultasi dan pengecekan pada bengkel bengkel kepercayaan Sahabat SEJATI Bengkel dimanapun berada sehingga tidak memiliki dampak yang lebih besar pada anggaran perawatan mobil.

Tolak dan Usahakan melakukan pengecakan kepada ahlinya daripada hal yang terlihat sepele berakibat menjadi fatal karena anggaran menjadi membengkak. Memang saat menambahkan freon/refrigerant terlihat murah namun akibatnya bukannya murah tetapi menjadi mahal. Jika memang terpaksa dan dipaksa oleh keadaan selalu ingat beberapa hal diatas supaya tidak dikelabuhi oleh oknum oknum yang membuka usaha bengkel hanya karena orientasi uang belaka. Selalu lihat jarum pada low dan high pada meteran refrigerant supaya kita tahu bahwa yang dilakukan benar benar penambahan atau hanya memasang meteran belaka.

Demikian informasi hari ini dan untuk lebih detail dapat disaksikan pada link youtube kami pada play list BUKA KARTU AC  di channel youtube kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?