Loading...
Artikel

Tutorial Pengunaan Soda Ash saat Flushing Radiator

Pada tutorial kuras radiator sudah kita jelaskan mengenai bahan pengurasan radiator dan hasilnya semua bersih namun terdapat hal yang wajib kita ketahui saat melakukan proses flushing Radiator.

Ciri ciri radiator yang sudah bersih saat flushing 

  1. Pada saat flushing tutup bagian bawah kita tutup dan tutup radiator kita biarkan buka dan terus lah isi.
  2. Perhatikan semburan dari air yang keluar dari tutup atas Radiator bagaimana semburan yang dihasilkan, jika yang keluar serbuk maka normal dan bersih tetapi jika keluar adalah karat maka dapat dipastikan radiator akan bocor karena efek korosi yang sudah lama.

Setelah air pada system pendingin radiator dari penampakan semburan pada tutup radiator nampak bersih maka langkah berikutnya dalah membuka baut penguras yang terbuat dari plastik dan mesin tetap kita hidupkan dan diisi dengan air biasa sampai dengan bersih. kemudian kita tutup kembali dan lakukan langkah ini sampai dengan 3 kali berturut turut.

Setelah bersih kita tutup baut pembuangan dan kita isi dengan water coolent serta air ber PH 8- 10 dan kita tuang serta kita masukkan ke dalam radiator dengan komposisi setengah water coolent dan setengah air ber PH 8-10.

Jika kita mengisi air dengan metode ini maka dapat hasilnya radiator akan awet dan akan terlihat ciri ciri pengurasan kembali saat air pada reservoir terlihat keruh, mengapa keruh? ini menandakan senyawa kimia pada water coolent sudah tidak bekerja maksimal dan yang tersisa adalah air mineral saja.

Demikian semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?