Loading...
Kupas Tuntas AC Mobil

AC Mobil Terus Bermasalah

Kasus kasus ini sering kali dan selalu ada terjadi dimanapun Sahabat Sejati Bengkel berada dan bahkan pernah mengalami atau mendengar dari handai taulan tentang seputar masalah ini.

Mari kita kupas tuntas tentang masalah seputar dunia AC Mobil dari gejala sampai dengan solusinya. Apa saja masalah umum yang dihadapi dan bagaimana solusinya.

AC Mobil tiba tiba tidak dingin

Mari kita analisa dari penyebabnya.

  1. AC Mobil normal namun ditengah perjalanan tanpa sebab menjadi panas, hal ini terjadi dimungkinan karena temperature mesin naik sehingga pada system ECU mobil memutuskan arus yang mengalir pada kompressor untuk mengurangi kerja mesin sehingga mobil masih mampu berjalan hingga 3 km untuk menuju ke bengkel terdekat.
  2. AC Mobil tiba tiba tiba tidak dingin namun pada kabin terdengar suara seperti hembusan angin dan bau oil atau refrigerant, maka dapat disimpulkan System AC mengalami kebocoran pada system terutama pada evaporator atau jalur slang karet atau pipa.
  3. AC MObil terkadang dingin terkadang tidak dingin hal ini bisa terjadi karena Frozen pada system dan biasanya ini terjadi setelah service AC efek dari ketidak sesuaian kapasitas oli kompressor dan volume refrigerant pada kompressor atau kerja kompressor terlalu lama akibat dari settingan atau setelan pada thermostat yang mengalami gagal pemutusan kerja pada kompressor karena ketidak seimbangan kerja temperature udara yang diharapkan dengan kondisi kinerja dari system AC itu sendiri.
  4. Magnit clutch tidak berfungsi normal hal ini terjadi setelah service dan pengantian part yang tidak original sehingga gap kerengangan pada antara center piece dan pully terlalu jauh sehingga kompressor tidak dapat bekerja.

AC Mobil Anginnya berhembus Kecil

Pada Kejadian ini pemilik mobil mengatakan dengan keluhan AC tidak dingin padahal yang terjadi adalah angin yang mengalir melalui kisi kisi sangat kecil, hal ini terjadi dikarena hal hal berikut :

  • Filter Kabin yang sudah kotor
  • Evaporator yang sudah kotor
  • Fan Blower yang kotor

Dari analisa diatas masuk pada kategori kurangnya perawatan bukan karena tidak dingin, pada system dingin tetapi hembusan yang dihasilkan kecil karena adanya hambatan dari tumpukan kotoran yang terjadi system yang telah kami sebutkan diatas.

AC Mobil Panas di saat jalanan macet

Hal ini terjadi karena pada sytem Ac Mobil sahabat Sejati Bengkel memiliki kekurangan pelepasan kalor atau panas dari kondensor atau bisa juga yang terjadi setelah terjadi perbaikan/service Kompresor Mobil Sahabat Sejati Bengkel, dimana kerja kompressor sudah tidak mampu lagi menghasilkan kompressi yang baik pada system. Dalam kasus ini kadang kita terkecoh pada saat service kompressor kita melihat kompressi dilakukan secara tangan terlihat adanya hisap dan hembusan yang kuat dari kompressor melalui tangan. Cara ini tidaklah tepat karena tidak mengunakan alat yang baku (bench test) dan tidak nampak hasil secara tekanan valid pada kerja kompressor tersebut. Sehingga setelah melakukan service kompressor yang terjadi suara kompressor menjadi keras atau AC mobil dingin kondensor disiram air ataupun keadaan kondisi mobil digas pada rpm tinggi.

Bagaimana dan apa solusi serta yang terbaik dan hal hal apa saja yang harus kita lakukan untuk perawatan yang tepat beserta solusinya? nanti kan dan kita akan berlanjut pada sesi berikutnya pada artikel kupas tuntas AC Mobil.

Semoga bermanfaat dan bersambung…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?