Loading...
Artikel

Lampu LED, HID & Halogen

Pada era sekarang kita terkaang binggung memilih tentang perbedaan lampu LED, Bulbs (Lampu standart bawaan mobil) dan HID. masing masing lampu ini memiliki karakter yang berbeda dan tentunya juga berpengaruh pada ketahanan baterai atau ACCU itu sendiri, dimana Kuat Arus yang dibutuhkan masing masing pada jenis lampu tersebut berbeda.

Selain itu Sahabat Sejati Bengkel juga pernah mendengar atau mengetahui tentang Lampu Projie, apakah lampu projie itu? Lampu Projie adalah istilah lampu projector. Nah,didalam lampu projector itu terkadang terdapat lampu HID bisa juga ada LED.  Mari kita kupas tuntas semua tentang lampu mobil dengan kelebihan dan kekurangannya.

  • LAMPU LED

Adalah Lampu LED (Light Emitting Diodes) adalah lampu yang berguna untuk beberapa bagian dalam mobil atau motor dan bus bahkan dirumah sebagai keperluan hiasan atau aksesoris untuk menunjang penampilan. Dikenal memiliki ketahanan yang lebih baik dan intensitas cahaya lebih terang dibandingkan jenis lampu lain membuat LED semakin disukai. Selain itu kelebihan lainnya dari lampu ini adalah tidak memerlukan daya terlalu besar, hemat energi, dan juga ramah lingkungan.

Ditambah lagi lampu LED juga tahan terhadap guncangan walaupun jalan yang dilalui cukup kasar. Kalaupun memang rusak, sangat mudah untuk menggantinya.

Jenis lampu LED mobil yang dipakai saat ini adalah :

  1. LED T10  lampu ini banyak dipakai di seluruh mobil dan biasanya dipakai untuk menjadi lampu senja, sein dan lampu plat nomor dan lampu indikator dasbor tetapi untuk dasbord dan panel lainnya biasanya mengunakan lampu LED T5.
  2. LED T20 biasanya dipakai untuk lampu sein, lampu mundur dan lampu rem. Perbedaannya dibanding dengan lampu LED T10 atau T5 adalah dari ukurannya.
  3.  Floodlight Jenis Lampu ini biasanya ditaruh pada eksterior mobil sebagai lampu tembak dan memiliki kekuatan pencahayaan yang besar dan sangat terang.
  4. LED Lumited menjadi jenis lampu paling populer, biasanya dijadikan lampu utama/headlamp mobil yang terdapat di bagian depan. Lampu ini memiliki daya yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menjadi lampu utama.
  5. LED Dome Light dipasang pada kabin mobil cahaya untuk menerangi kabin mobil saat malam hari LED Dome Light masih menggunakan teknologi bohlam.
  6. LED SMD  dikenal sebagai pengganti dari LED Dome Light. Dengan cahaya warna putih yang lebih terang membuat LED SMD lebih sering dipakai dibandingkan LED Dome Light karena memiliki teknologi lebih baik.
  7. LED COB ‚ÄčLampu kabin di bagian plafon biasanya menggunakan LED COB (Chip On Board). Bentuknya seperti satu papan dengan ribuan chop LED.

 

  • LAMPU HID

Lampu mobil HID sudah ada sejak tahun 90-an dan dipakai pertama kali di mobil-mobil mewah, seperti BMW, Mercedes, dan Audi. Sumber cahaya lampu mobil HID berasal dari gas Xenon yang dialiri listrik. Cahaya yang dihasilkannya lebih terang dari lampu Halogen, punya daya tahan lebih lama, dan tidak butuh watt tinggi.

Banyak masyarakat yang menggunakan lampu HID sebagai bohlam lampu utamanya. Lampu HID sendiri adalah lampu dengan nyala yang sangat terang seperti sinar matahari. Karena terangnya itu, menurut Divisi Humas Polri, lampu ini bisa membahayakan pengendara maupun kendaraan lain yang ada di depan.

Penggunaan lampu mobil ini pun pada dasarnya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 23 dan 24. Dalam peraturan tersebut, telah jelas disebutkan jenis bahkan jarak pemasangan lampu secara detail. Penggunaan lampu mobil High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan Sahabat Garasi lebih mewah. Namun perlu diingat, pada saat musim hujan penggunaan lampu mobil HID justru bisa berbahaya loh Sahabat Garasi. Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan dan cepat membuat headlamp cepat kusam.

  • LAMPU HALOGEN

Halogen adalah jenis bohlam yang paling banyak dipakai untuk lampu utama mobil. Lampu jenis ini memiliki filamen atau kawat pijar. Keunggulan bohlam halogen adalah perawatan mudah dan harga terjangkau. Kelemahannya cahayanya kalah terang dan butuh daya listrik besar apalagi jika mengunakan watt besar maka diperlukan biaya tambahan untuk membeli relay untuk dapat mensuplay arus dibutuhkan.

KESIMPULAN

Dari Penjelasan mengenai secara kesimpulan untuk mendapatkan lampu mobil atau motor yang sangat ekonomis yaitu mengunakan lampu LED selain keawetan dan daya tahan serta terang dari lampu LED tersebut juga membuat usia baterai atau ACCU menjadi lama dan secara otomatis beban mesin akibat kerja alternator pun menjadi ringan dan akan membuat bahan bakar mobil menjadi lebih irit.

Demikian penjelasan mengenai lampu dari SEJATI Bengkel untuk sahabat SEJATI Bengkel dimanapun berada, teriring salam sukses untuk para sahabat semuanya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo apa kabar Sahabat Sejati Bengkel
Ada yang bisa kami bantu?